Cara Beli Mobil Baru Di Dealer Resmi Cash Maupun Kredit
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan gambaran, bagaimana proses proses pembelian mobil baru, banyak sebagian calon pembeli (customer) merasa bingung, apalagi bagi orang yang pertama kali membeli mobil baru.
Saya akan memberikan tips bagi anda yang belum pernah membeli mobil baru agar anda bertransaksi merasa nyaman,puas,dan tidak ada kekhawatiran dalam prosesnya.

Proses pembelian mobil baru ada 2 macam

  • Pembelian dengan cara Cash
  • Pembelian dengan cara Credit

Untuk saat ini pembelian mobil banyak di lakukan dengan cara credit, di bandingkan pembelian secara cash karena banyak penawaran yang menggiurkan dengan promo DP Rendah (murah).

tips membeli mobil baru

  • Proses pembelian mobil baru

Pertama tentukan terlebih dulu mobil merek apa yang akan anda beli secara spesifik, dari merek mobilnya, type mobil,transmisi (manual/matic) warna mobil yang tersedia. Contoh (mobil daihatsu terios,type R,matic,warna putih).

Setelah anda menetukan mobil yang akan anda beli,barulah anda memutuskan untuk proses pembelian.
proses pertama untuk pembelian mobil adalah dengan memberikan uang tanda jadi

  • Booking Fee

Biasanya uang tanda jadi ini Berkisar 1jt s/d 5jt, tergantung kebijakan masing masing dealer. Setelah memberikan uang tanda jadi kita akan mendapatkan surat pemesanan kendaraan biasa sales menyebutnya dengan kata (SPK)Sebelum memberikan uang tanda jadi, anda harus bernegosisi terlebih dahulu dengan sales mobil tersebut, agar mendapatkan penawaran yang terbaik. Seperti discount yang bagus, bonus /aksesoris yang di dapatkan dan promo lainnya, setelah anda merasa cukup puas dengan apa yang di berikan oleh sales tersebut baru lah anda melakukan transaksi memberikan uang tanda jadi. Pembayaran uang  booking fee bisa dengan cara transfer ke rek perusahaan atau secara cash, ada baiknya jika tanda jadinya berupa uang cash anda bertransaksi langsung di dealer, atau pada saat ada event besar (seperti IIMS,PRJ,atau GIIAS) yang memang langsung ada kasirnya. Tujuannya agar anda bertaransaksi merasa aman dan tidak ada rasa kekhawatiran.

Poin poin yang di tulis pada SPK dan perlu di perhatikan (di tanyakan bila perlu) pada surat pemesanan kendaran adalah.

  1. Tanggal pemesanan (harus tertulis sesuai pada saat memberikan uang booking fee)
  2. Harga Mobil ( Mengikat atau tidak  jika unitnya inden dan terjadi kenaikan harga di kemudian hari)
  3. Warna Mobil ( Apakah mengikat / masih bisa ganti jika beberapa hari ada keinginan warna yang lain)
  4. Discount Mobil (Harus tertulis sesuai dengan yang di ucapkan)
  5. Aksesoris tambahan ( jika di janjikan harus tertulis)
  6. Bonus (promo event) (Yang di dapatkan harus tertulis)
  7. Syarat dan ketentuan yang berlaku di spk harus kita baca dan pahami
  8. tanda tangan di spk harus di lakukan ke 2 belah pihak
  9. Lembaran spk untuk customer harus kita pegang sebagai bukti pemesanan dan tanda terima uang booking fee.
  10. Jika Terjadi pembatalan yang di sebabkan pihak ke 3. (seperti bank/leasing tidak menyetujui proses kredit kita apakah uang kembali 100% atau tidak)
  11. Jika terjadi pembatalan dari pihak pemesan disebabkan hal hal yang tidak di inginkan, apakah uang tanda jadi bisa kembali atau tidak? atau pembatalan dari pihak dealer karena unit terlalu lama atau unit tidak ada lagi? perlu di tanyakan agar anda tidak kebingungan apabila hal ini terjadi di kemudian hari.
  12. Estimasi DO (delivery order) pengiriman mobil perlu di tanyakan berapa hari paling cepat setelah pelunasan pembayaran.

Setelah proses spk selesai anda tinggal melakukan proses selanjutnya.

  • Jika pembelian secara credit.

    Persiapkan data data untuk proses kredit, jika data perorangan siapkan sbb:

  1. Ktp sebagai pemohon & Penjamin (bisa suami & istri / anak & ke 2 orang tua jika belum berumah tangga.
  2. Kartu keluarga
  3. Bukti kepemilikan rumah (PBB/AJB/SERTIFIKAT) jika rumah bukan milik pribadi (rumah sewa,rumah mess) lampirkan surat penyewaan atau surat penempatan dari kantor.
  4. Copy rek tabungan 3 bln terakhir.
  5. Surat keterangan penghasialan (slip gaji jika pegawai,karyawan,pns dll.)
  6. Surat ijin/keterangan usaha/siup (jika wiraswasta/ usaha sendiri)
  7. Npwp

Usahakan kelengkapan data di atas ini 1 atau 2 hari selesai,agar prosesnya cepat, selanjutnya hubungi pihak sales agar proses survey dapat segera di lakukan oleh pihak bank / leasing, luangkan waktu anda agar pihak survey bisa bertemu anda, biasanya ada beberapa dokumen yang harus kita tanda tangani seperti perjanjian akad kredit (kontrak).

Setelah proses survey anda tinggal menunggu hasilnya (kurang lebih 3 s/d 5 hari kerja) jika di setujui pihak finance (bank) maka pihak bank tersebut akan mengeluarkan PO (purcase order)  kepihak dealer. Biasanya pihak dealer (sales) akan menginformasikan kepada customer bahwa proses kreditnya telah di setujui, selanjutnya anda tinggal melakukan pelunasan total dp sesuai dengan yang tertera di Po tersebut. Dengan catatan Jika unitnya sudah ready (unit siap dikirim) pihak dealer biasanya akan melakukan pengiriman mobil (H+2/3 hari) setelah pelunasan biasanya 3 hari mobil sudah bisa di kirim.



BACA JUGA : 

INFO HARGA & SIMULASI KREDIT  MOBIL DAIHATSU TERBARU :

  • HARGA BARU & SIMULASI KREDIT DAIHATSU GREAT NEW XENIA mobilxenia.com
  • HARGA BARU & SIMULASI KREDIT DAIHATSU AYLA mobilxenia.com
  • HARGA BARU & SIMULASI KREDIT DAIHATSU TERIOS mobilxenia.com
  • HARGA BARU & SIMULASI KREDIT DAIHATSU GRAN MAX mobilxenia.com
  • HARGA BARU & SIMULASI KREDIT DAIHATSU LUXIO mobilxenia.com
  • HARGA BARU & SIMULASI KREDIT DAIHATSU SIRION mobilxenia.com


 

  • Pembelian secara cash

Proses pembelian mobil secara cash tidak perlu data data sedetail seperti pembelian credit,  anda tinggal menetukan mau atas nama siapa pada stnk dan bpkb mobil tersebut, anda tinggal melakukan pemesanan dengan Ktp tersebut bisa anda, istri atau anak. Proses pada pemesanannya (spk) sama seperti pembelian kredit, setelah memberikan uang tanda jadi jika mobil itu belum ready di showroom anda tidak usah terburu buru melakukan pelunasan pembayaran. Tunggu sampai mobil yang anda pesan itu ready, setelah mobil itu ready secara no rangka & no mesin unitnya pun sudah ada di showroom barulah anda melakukan pelunasan pembayaran.

  • Proses STNK dan BPKB

Untuk proses stnk mobil CKD (completely knock down) umumnya 14 hari sudah selesai, tapi jika mobil CBU (completely build up) yang anda beli proses stnk lebih lama bisa 1 bulan lebih. biasanya yang membedakan lama cepat nya ada pada proses jadi Faktur kendaraannya.

Untuk Bpkb mobil jika pembelian cash, biasnya bpkb paling lama jadinya 3 bulan paling cepat 2 bulan, anda bisa menanyakan ke pihak dealer bagian bpkb atau ke sales yang melayani pembelian mobil anda, untuk pengambilan bpkb syaratnya membawa ktp asli, (sesuai nama di bpkb) jika di wakilkan mesti ada surat kuasa dari nama yang tertulis di bpkb dan tetap membawa ktp aslinya.

LIHAT JUGA DEALER DAIHATSU KAMI :  ( Klik Pada Gambar )

            


Untuk Pemesanan Unit / INFO lebih lengkap Bisa Hubungi Kami Sales Mobil Kami :

HUBUNGI KAMI :


1).INDRIANI YUNI  (Sales Executive)

Hubungi Daihatsu021 

Handphone0838 9904 3428 (Axis)

Handphone0812 8575 4578    (Simpati)

Handphone0878 8409 0457 (XL)

Mobil Xenia WA  0878 8409 0457

Mobil Xenia BBM D3790A85

 

iklan

 

Tag : Tips membeli mobil baru secara cash, Bonus membeli mobil baru, Tips membeli mobil baru secara kredit, Cara membeli mobil baru dengan harga murah, Tips membeli mobil baru secara tunai, Cara membeli mobil baru agar tidak tertipu, Bonus aksesoris mobil baru, Prosedur pengiriman mobil baru,