Cara Mudah Mempercepat Delivery Mobil Baru Dalam 2 Hari

do-2

Pengiriman mobil baru sebenarnya bisa cepat tapi terkadang ada juga yang lama, apa yang menjadi penyebab terlambatnya delivery mobil dari pihak dealer terhadapa customer.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang pengiriman mobil baru (DO) dari showroom ke rumah customer.

Banyak kejadian yang sering di alami oleh customer ketika serah terima kendaraan tidak sesuai dengan waktu yang telah di sepakati, bisa saja telat 1 hari atau dalam beberapa hari, yang akhirnya menimbulkan rasa kecewa dan akhirnya customer tidak merasakan kepuasan terhadap service yang di berikan oleh pihak dealer.

 

Berapa hari idealnya pengiriman mobil baru di lakukan setelah pelunasan adminstrasi (pembayaran)??

Sebenarnya setiap dealer mobil baru sudah mempunyai prosedur yang mengatur proseses (DO) delivery order. Ada yang (H+ 2) atau (H+3) yang artinya 2 atau 3 hari setelah pelunasan sesuai harga mobil tersebut, baru di lakukan pengiriman mobil.

 

Yang biasa jadi pertanyaan adalah???

Kenapa setelah pelunasan pembayaran mobil belum juga bisa di kirim??

do1

 

Ini faktor penyebabnya.

Mobil yang kita beli secara fisik belum (ready) di showroom. Biasanya showroom masih menunggu pengiriman unit dari pihak pabrik (gudang center). Kemungkinan besar ada masalah dibagian pengiriman (gudang center) yang menyebabkan keterlambatan unit untuk sampai ke showroom.

 

Jika pembelian secara kredit, biasnya pihak dealer menunggu beberapa dokumentasi dari pihak pembiayaan (Bank / Finance). Seperti (PO) PURCHASE ORDER, dan (KONTRAK) yang sudah di tanda tangani oleh pihak customer dan finance, belum di terima oleh pihak dealer.

 ”Bila surat surat tersebut diatas sudah di terima oleh dealer, dan pembayaran pelunasan sudah di bayarkan kemudian unit sudah ready, pasti pengiriman mobil sudah bisa di lakukan”

Hal ini jarang terjadi, kalaupun terjadi biasanya pada mobil yang baru pertama lounching (produksi tahun pertam) tapi bisa aja menyebabkan keterlambaan dalam pengiriman, dimana ada satu masalah yang terjadi pada mobil yang kita beli.

Contoh ada kesalahan pemasangan suatu sparepart dari pabrik, yang menyebabkan mobil yang sudah terkirim ke dealer atau ke customer perlu ada perbaikan (pergantian) sebuah sparepart.

Nah biasanya ini memakan waktu beberapa hari. Apalagi jika masalah itu muncul bertepatan dengan jadwal pengiriman mobil yang kita beli.

 

Solusi dari saya sebagai (admin) website mobilxenia.com

Untuk menghindari masalah seperti yang saya sebutkan diatas, sebaiknya sebelum kita melakukan pelunasan pembayaran mobil yang kita beli (inden).

 

TERIMA MOBIL

Kita tanyakan terlebih dahulu kepada sales yang melayani kita?

Apakah unit di kirim dari gudang pusat atau dari showroom?

Tujuannya jika mobil di kirim dari showroom, sebelum kita melakukan pelunasan pembayaran hendaknya kita melihat dulu mobilnya (fisik) betul betul sudah ready apa masih di pabrik (gudang center) posisi unitnya.

Jangan melakukan pembayaran (pelunasan) sebelum

  1. Unit ready (secara fisik) atau (sudah dapat no chassis)
  2. Tanda tangan kontrak dengan pihak leasing (bank) jika pembelian kredit.
  3. Ada Surat persetujuan pembiayaan (PO) dari bank maupun finance.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca semuanya, khususunya bagi anda yang berencana akan membeli mobil baru dalam waktu dekat ini.