Tips Modifikasi Mobil Daihatsu Ayla Biar Keren

Kedatangan mobil LCGC yang dihadirkan oleh beberepa APM disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Harga termurah dan irit BBM menjadi kelebihan dari program pemerintah ini, produsen pun berlomba untuk meracik kendaraan agar memiliki biaya produksi yang rendah. Salah satu caranya dengan mengurangi beberapa komponen kenyamanan, seperti pe­ngurangan peredam, minus wiper belakang, foglamp, peng­unaan pelek 14 inci dan lainnya. Tak heran bila dari sisi penampilan pun turut menjadi terlihat begitu standar.

Nah bagi yang memiliki dana lebih, tentu tak ingin penampilan Daihatsu Ayla terlihat biasa saja. Ada beberapa tips yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara serta mengubah penampilannya agar terlihat lebih gagah namun tetap fungsional. Apa saja yang dapat Anda lakukan?

  • Pengantian Pelek dan Ban

Penggunaan pelek 13 inci sudah tidak lagi tren saat ini. Wajar bila penggantian diameter pelek dan ban yang lebih besar perlu dilakukan agar penampilan mobil si gesit irit ini terlihat berbeda dengan yang lain. Tapi jangan lupa bahwa dapur pacu mobil ini hanya berkapasitas 1.000 cc sehingga perlu mempertimbangkan performa kendaraan. Pilihan diameter pelek 15 inci merupakan langkah yang bijak apalagi bila dipadu dengan eco tire. Komposisi kenyamanan, penampilan, performa dan pengendalian berada di kondisi ideal.

“Dengan mengikuti aturan yang berlaku kita pun dapat Copyfit meminimalisir adanya kerusakan pada kaki-kaki mobil. Karena standarnya mobil tersebut menggunakan pelek 13 inci, kita hanya bisa menaikan hingga diameter 15 inci. Begitu pun dengan ban, ukuran standar 155/80 R13 dapat diganti dengan profil ban 185/55R15. Dengan spesifikasi ini, ban Bridgestone menyajikan Turanza dan Potenza atau yang lainnya.

Baca juga artikel cara “Memahami Spesifikasi PCD DAN OFFSET Velg (Pelek) Mobil”

  • Audio System

Salah satu cara meningkatkan kenyamanan berkendara adalah peningkatan kualitas audio di kendaraaan Anda. Koneksi dari beragam input merupakan pilihan pertama untuk menikmati alunan musik di interior. Apalagi bila Anda memilih tipe yang belum dilengkapi dengan head unit sebagai standar. Ruang yang tersedia di dasbor cukup untuk menyematkan head unit model double DIN, sehingga bila ingin mengadopsi monitor head unit pun dapat Anda lakukan. Tapi bila tidak, model Single DIN seperti Pioneer 4650BT telah mumpuni lantaran telah memiliki koneksi USB, MP3, AUX in, Bloetooth, ipod dan iphone.

Setelah head unit, peredaman merupakan menu wajib untuk ‘mobil murah’ ini. Penambahan peredam di pintu bertujuan untuk memperkaku bodi agar kualitas suara dari speaker dapat turut ditingkatkan secara otomatis. Bagian kolong, firewall dan di atas roda pun perlu ditambahkan peredam agar intruisi suara dari mesin dan permukaan jalan kian diminimalkan. Untuk mengaplikasikan penambahan peredam pada audio Anda, si mobil kecil ini membutuhkan 19 lembar peredam. Satu lembar peredam ini berukuran 45 cm X 75 cm, dengan ketebalan 2 mm. Satu lembar peredam ini seharga Rp 150 ribu, sehingga untuk keseluran Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 2,850 juta.

  • Pelapis Jok (sarung jok)

Penyematan jok kulit atau sintetis di interior akan memberi kesan mewah.

“Apalagi dalam kondisi standar, busa jok terlihat sangat tipis sehingga Anda perlu menambah ketebalan busa sekitar 0,8 – 1 cm dan dibentung ulang agar lebih nyaman dan dapat menopang tubuh lebih sempurna. Jika ingin tampilan elegan dan mewah anda bisa memilih “produk MBtech” New Superior dengan tekstur kulit asli, tetapi kesan sporty dan tegas bisa memilih varian MBtech Camaro bermotif kulit jeruk.

Jenis pemasangan jok di keduanya bisa memilih 3 mode, sistem jahit paten (jok paten), semi paten ( cover jok yang dijahit) dan model sarung (cover jok hanya disarungkan dan di ikat tali). Untuk pemasangan tentu kami merekomendasi model sistem jok paten yang mana hasil akhirnya lebih kuat dan rapi serta nyaman saat diduduki. Anda pun harus menyiapkan dana sebesar Rp 2,5 jutaan, untuk pemasangan MBtech model jahit paten.

Berikut foto untuk bahan referensi memodifikasi mobil daihatsu ayla.

post ayla-1

post ayla-2

post ayla-3

post ayla-4

post ayla-5

ayla-6