Kali ini saya akan memberikan “tips serah terima mobil baru” bagaimana cara memeriksa mobil baru pada saat serah terima kendaraan dengan pihak dealer.

serah terima mobil
Hal yang di nanti nanti oleh setiap pembeli khusunya pembelian mobil baru adalah, pada saat pengiriman mobil (DO) delivery order. Apa saja yang harus kita perhatikan / periksa pada saat serah terima kendaraan mobil baru, bagi sebagian customer yang sudah berpengalaman pasti sudah mengerti cara mengecek mobil baru. Tapi bagi customer yang baru pertama kali beli mobil pasti belum mengerti cara mengecek mobil baru pada saat serah terima.

Saya akan memberikan tips, apa yang harus kita lakukan pada saat serah terima kendaraan mobil baru?
Ada beberapa Poin yang harus kita perhatikan dan periksa dengan teliti, dan pastikan waktu pada saat serah terima kendaraan (waktu pagi atau siang hari) agar kondisinya terang dan mudah di lihat.
yang pertama adalah bagian:

  • Body Eksterior

Pada bagian Eksterior yang harus kita cek ada 5 bagianlihat dan teliti dengan baik,

  1. Bagian depan mobil

Apa saja yang harus kita perhatikan pada bagian depan mobil? di bagian depan mobil kita akan memeriksa (kap mesin,grille depan,bumper depan ,kaca film depan jika sudah di lengkapi). Pastikan bagian bagian tersebut tidak ada yang (cacat,baret-baret,catnya belang,kaca film tidak ada yang menggelembung,body tidak ada yang lesung pipit)

  1. Bagian samping kanan mobil

Pada bagian samping mobil kita akan memeriksa (Pintu kendaraan,kaca samping dan kaca film,door visor,spion, side body molding,ban & velg) perhatikan pada kaca mobil bagian samping tidak terdapat jamur, kaca film sudah terpasang rapih, perhatikan cat body pada bagian pintu,pastikan semuanya sudah terpasang bersih dan sempurna.

  1. Bagian belakang mobil

Pada bagian belakang mobil pun sama kita akan memeriksa (kebersihan kaca, kaca film, wiper belakang,spoiler,high mount stop lamp,deffoger,sensor parkir,kamera parkir,bumper belakang,dan aksesoris tambahan yang lain jika ada). Pastikan perlengkapan mobil tersebut terpasang  jika memang mobil sudah di lengkapi.

  1. Bagian samping kiri mobil

Pada bagian samping kiri,kita akan memeriksa sama seperti bagian samping kanan mobil, yang perlu kita perhatikan adalah tempat isi bensin (tengki bensin). Bagian samping kira secara keseluruhan sama dengan bagian samping kanan yang membedakan hanya pada bagian tangki bensin saja.

  1. Bagian atas mobil

Untuk bagian atas kita hanya memastikan kebersihannya saja, pastikan cat body bagian atas tidak ada kotoran yang mengakibatkan kerusakan pada cat, jika di lengkapi dengan antena radio pada bagian atas pastikan sudah terpasang.

  • Bagian Interior

Pada bagian interior mobil pertama kita periksa kebersihan bagian jok.pastikan jok dalam keadaan bersih tidak ada kotoran atau noda,plastik jok masih terpasang utuh, kemudian kita periksa bagian dash board pastikan semuanya bersih, bagian door trim pun sama pastikan semuanya harus dalam keadaan bersih, setelah kebersihan bagian interior mobil kita periksa lalu kita memeriksa bagian mesin.

  • Bagian mesin

Pada bagian mesin kita perhatikan yang pertama no mesin, samakan no mesin mobil dengan stnk (jika sudah jadi) atau dengan yang tertera di surat serah terima kendaraan, begitu juga dengan no cassis, kemudian kita pastikan aki mengunakan aki basah / aki kering, tempat mengisi air wiper, tempat air coolant, tempat oli mesin, poin-poin tersebut kita mesti mengetahui.

Setelah kita memeriksa semua bagian eksterior dan interior dengan teliti, dan kita pastikan semuanya sudah OK, baru kita memeriksa bagian kelistrikan mobil, ini sangat penting sekali seperti pada audio mobil, Ac mobil, dan sistem sensor sensor yang terdapat pada mobil, lampu lampu mobil, kita mesti memeriksa dan tau cara penggunannya, jika anda belum mengerti minta di demonstrasikan oleh sales yang ikut mengirim mobil anda, jika tidak ada mungkin anda bisa bertanya kepada driver yang mengirim mobil anda.

Bagimana cara memeriksanya? Pertama kita hidupkan mesin mobil lalu perhatikan sejenak indikator mobil pastikan lampu di indikator mobil pada bagian speedo meter tidak ada yang bermaslah semuanya normal, jika anda belum tau tentang lampu lampu indikator mobil, anda bisa membaca artikelnya di sini. kemudian perhatikan juga jarak tempuh KM. Anda bisa melihat angkanya umumnya pada mobil baru angka KM nya kurang lebih di angka 50 km, karena adanya proses pengetesan yang di lakukan quality control di pabrik serta distribusi ke dealer, kemudian di kirim dari dealer ke rumah anda.

Memeriksa lampu lampu mobil.
Lampu bagian depan.(headlamp auto levelizer)

Lampu utama biasanya ada teknologi lampu utama yang sudah menggunakan lampu LED dan projektor, lampu jarak jauh & jarak pendek, kita bisa melihat dan memebdakan lampu yang sudah ada projektor nya dan yang belum ada, lalu cek lampu foglamp (lampu kabut jika sudah di lengkapi). Kemudian lampu sein kanan & kiri, depan belakang kita lihat, pastikan semua lampu hidup tidak ada yang mati, 

Bagian samping.

Jika mobil yang anda beli sudah dilengkapi dengan (Retractable door mirror with turning lamp). Buka tutup spion otomatis, dan terdapat lampu sein pada bagian spion) pastikan berfungsi dengan baik.

Bagian belakang.

Pastikan semua lampu pada bagian belakang semuanya hidup seperti lampu, rem,lampu mundur,high mount stop lamp sesor parikir, kamera mundur (jika sudah di lengkapi) pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan anda tau cara mengoprasikannya.

Lampu kabin (interior)

Lampu kabin biasanya ada pada baris pertama dan baris ke2, anda bisa melihat dan mencobanya pastikan berfungsi dengan baik.

Setelah kita memeriksa bagian lampu lampu kendaraan, kita juga harus memeriksa bagian Audio kendaraan, head unit ini biasanya ada yang singgle DIN  & Double DIN, kemudian speaker mobil juga ada yang jumlahnya 2 dan 4. jika mobil sudah di lengkapi dengan roof monitor anda bisa memeriksanya juga, cara mudah memeriksanya adalah hidupkan audio mobil, jika head unit sudah support dengan dvd,mp3,usb, anda bisa mencobanya dengan dvd /usb, pastikan semuanya hidup dan berfungsi dengan baik. Kemudian anda juga bisa memeriksa power window,central lock, alarm dan sensor yang lainnya.

Yang terakhir yang perlu kita cek dan periksa adalah:

Tool kit dan buku service dan panduan pengguna.
Setiap mobil baru standarnya pasti medapatkan toolkit,dongkrak,ban serep,kotak obat, dll.
buku service dan manual book, baik penggunaan mobil atau pun penggunaan audio biasa nya dapat satu set ditaroh di dalam 1 tas kecil, pastikan semua ini ada, anda bisa memebaca dan memepelajari apa yang ada pada buku pengguna atau pun buku service di kemudian hari.

Ini lah beberapa tips yang dapat saya berikan semoga dapat memebantu dan bermanfaat untuk anda yang sedang menunggu kedatangan mobil barunya.